SEMANGAT JIWA KORSA KOMANDO MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG DBLOK JIWA KORSA KOMANDO DIRGAHAYU HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA KE 75 PADA TANGGAL 17 - AGUSTUS - 2020 DAN SELAMAT HUT TENTARA NASIONAL INDONESIA DAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHOLAT LIMA WAKTU

Minggu, 21 Juni 2015

JIWA KORSA MENUMBUHKAN LOYALITAS KASING SAYANG SATU SAMA LAIN

Terlepas dari positif dan negatif Jiwa Korsa kadang kadang disalah artikan dengan sahabat dekat, hubungan yang dijalin dengan siapapun akan selalu unik dalam perjalannya. Bukan soal berapa lama seorang punya rasa jiwa korsa dan saling mengenal, tetapi seberapa besar komitmen dan kedekatan keduanya dalam kebersamaan atau satuan dalam Korps sehingga dapat menumbuhkan kasih sayang satu sama lain saling mendukung  dengan kata lain . Jiwa korsa adalah semangat keakraban dalam korps atau kebersamaan. Jiwa korsa adalah kesadaran korps, perasaan kesatuan, perasaan kekitaan, suatu kecintaan terhadap satuaan perhimpunan atau organisasi. Tetapi kebanggaan itu secara dengan wajar, tidak berlebihan, tidak merugikan orang lain 


Rasa hormat satuan, rasa hormat pribadi dan rasa hormat pada organisasi/korps.  Setia. setia kepada sumpah, janji dan tradisi kesatuan serta kawan – kawan satu korps.    Kesadaran. Terutama kesadaran bersama, bangga untuk menjadi anggota korps.

Jiwa korsa berasal dari istilah ESPRIT DE CORPS yang diperkenalkan oleh ahli perang ulung asal Perancis Napoleon Bonaparte. Berdasarkan definisi dari kamus Bahasa Inggris terpercaya Merriam Webster, definisi ESPRIT DE CORPS adalah “the common spirit existing in the members of a group and inspiring enthusiasm, devotion, and strong regard for the honor of the group” (semangat yang dimiliki setiap anggota kelompok dan mengobarkan semangat yang besar, kesetiaan, serta bakti yang kuat akan kehormatan kelompok). Istilah esprit de corps sendiri di perkenalkan oleh Naopoleon Bonaparte dalam sebuah perang, dimana dia menekankan bahwa dalam sebuah pasukan harus ada rasa yang kuat untuk saling membantu, melindungi, menjaga, dan membela kehormatan sesama anngota pasukan. Mereka ibarat satu tubuh, jika satu bagian tubuh terluka maka yang lain akan merasakan.

Dalam konteks Jiwa korsa dengan perang seperti ini halnya yang dilakukan untuk memotivasi pasukan yang dilakukan oleh napoleon bonaparte tersebut, tentu saja jiwa korsa sangat tepat dan bahkan wajib untuk di aplikasikan. Hal ini untuk mengobarkan semangat kebersamaan dan saling melindungi antar sesama pasukan demi memenangkan pertempuran. Namun ketika jiwa korsa diterapkan diluar konteks perang, apalagi berkaitan dengan aksi pelanggaran hukum apakah jiwa korsa bisa diterima? Tentu kita semua setuju bahwa hal tersebut tidak bisa dibenarkan. Walaupun sebagian  mendukung langkah tegas  tersebut sebagai aksi harus dijadikan dalam penyelesaian suatu masalah. Jangan jadikan jiwa korsa alasan untuk sebuah pelanggaran pelanggaran hukum yang salah digunakan dalam satuan korps maupun organisasi tapi jiwa korsa harus dapat dijiwai bersama untuk kebersamaan kebaikan atau dalam perang membela bangsa dan negara

JIWA KORSA TIDAK MEMENTINGKAN DIRI SENDIRI DAN SIAP BERKORBAN UNTUK KEPENTINGAN YANG LEBIH BESAR.
jiwa korsa  yang diartikan sebagai rasa senasib sepenanggungan, perasaan solidaritas, semangat kesatuan korps, kesadaran kolektif dan sebagainya.
dengan Jiwa korsa yang kuat tidak mudah padam selama didalam korps. Di dalam jiwa korsa terkandung di dalamnya loyalitas, merasa ikut memiliki, merasa bertanggung jawab, ingin mengikuti pasang surut serta perkembangan korps-nya. Seorang yang memiliki jiwa korsa tinggi pasti penuh inisiatif, tetapi tahu akan kedudukan, wewenang dan tugas-tugasnya dan tanggung jawabnya.
dalam Jiwa korsa yang murni dan sejati akan menimbulkan sikap terbuka menerima saran dan kritik, tidak membela kesalahan tetapi justru mengusahakan sesuatu pada proporsi yang sebenarnya. Mau menegur atau memperbaiki sesama kawan sahabat warga korps yang berbuat tidak baik dan bukan menutupi kesalahanya, dan berani mawas diri. Dan mengenai loyalitas perlu diartikan lebih luas disamping kepada korps, loyalitas mengandung pengertian pula bahwa apa yang diperbuat harus memberikan manfaat atau kebaikan dimanapun ia berada.

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

Sahabat sejati menangis saat kau pergi, sahabat palsu pergi saat kau menangis.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar